Pengertian
Grafik Komputer
Grafik Komputer adalah bagian dari
ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan, penyimpanan, manipulasi
gambar (visual) secara digital. Istilah “Grafik Komputer” ditemukan tahun 1960
pada tahun William Fetter,dimulai dari model animasi dengan menampilkan
simulasi efek fisik. Kemudian pada tahun 1961 oleh Edward Zajac menyajikan
suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi grafik komputer,
serta pada tahun-tahun berikutnya grafik komputer mengalami banyak perkembangan
yang sangat signifikan sehingga mempermudah manusia dalam melakukan kegiatan
sehari-hari.
Bentuk sederhana dari grafik komputer
adalah grafik komputer 2D yang sekarang berkembang menjadi grafik komputer 3D,
pemrosesan citra, dan pengenalan pola. Grafik komputer juga disebut dengan
visualisasi data. Grafik komputer dapat dibagikan menjadi dua, yakni grafik
komputer masa nyata dan grafik komputer bukan masa nyata. Grafik komputer meliputi
gambar dan pencitraan lain yang dihasilkan oleh komputer dalam bentuk garis,
lengkungan, kurva dan sebagainya.
Contoh aplikasi
dari penerapan grafik komputer dalam kehidupan sehari- hari yaitu:
Computer
Art
Contoh Computer
art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil
dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak,
desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe
Photoshop, Corel Painter, GIMP.
Video Game
Contoh di Video
game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan
umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi dimulai dari yang
sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan
resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang standalone
hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
Pada
bidang perancangan
Pada bidang ini
dikenal adanya software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan
berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat.
Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama
seperti aslinya.
Pengertian
Pengolahan Citra
Citra merupakan sebuah gambar yang di
ambil oleh sebuah alat bantu, misalnya kamera, sinar X dan lain-lain. Jadi
pengolahan citra adalah suatu proses untuk mengolah gambar menjadi sebuah
gambar yang lebih baik dan sesuai yang kita inginkan. Citra yang terlihat
merupakan cahaya yang direfleksikan dari sebuah objek. Sumber cahaya menerangi
objek, objek memantulkan kembali sebagian dari berkas cahaya tersebut dan
pantulan cahaya di tangkap oleh alat-alat optik dan kemudian direkam. Citra
sendiri sebuah data dan informasi yang dapat disampaikan dalam bentuk teks,
audio, video, dan animasi. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan
transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik
tertentu. Grafik komputer dan pengolahan citra mempunyai hubungan yang saling
terkait satu sama lainnya.
Pengolahan citra adalah pemrosesan
citra, khususnya dengan menggunakan komputer, menjadi citra yang kualitasnya
lebih baik.Meskipun sebuah citra kaya informasi, namun seringkali citra yang
kita miliki mengalami penurunan mutu (degradasi ), misalnya mengandung cacat
atau derau (noise), warnanya terlalu kontras, kurang tajam, kabur (blurring),
dan sebagainya. Tentu saja citra semacam ini menjadi lebih sulit diinterpretasi
karena informasi yang disampaikan oleh citra tersebut menjadi berkurang. Agar
citra yang mengalami gangguan mudah diinterpretasi (baik oleh manusia maupun
mesin), maka citra tersebut perlu dimanipulasi menjadi citra lain yang
kualitasnya lebih baik.
Contoh aplikasi Pengolahan Citra dalam kehidupan
sehari-hari:
·
Bidang Militer
a. Mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor visual.
b. Mengidentifikasi pesawat musuh melalui radar.
c. Teropong malam hari (night vision).
a. Mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor visual.
b. Mengidentifikasi pesawat musuh melalui radar.
c. Teropong malam hari (night vision).
·
Bidang Medis / Kedokteran
a. Mendeteksi retak/patah tulang dengan CT Scan.
b. Rekonstuksi foto janin (USG).
c. Mendeteksi kanker (kanker otak)
a. Mendeteksi retak/patah tulang dengan CT Scan.
b. Rekonstuksi foto janin (USG).
c. Mendeteksi kanker (kanker otak)
·
Bidang Biologi
Pengenalan jenis kromosom melalui gambar mikroskopis
Pengenalan jenis kromosom melalui gambar mikroskopis
·
Bidang Pendidikan
Pengolahan pendaftaran mahasiswa menggunakan scanner.
Pengolahan pendaftaran mahasiswa menggunakan scanner.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar