Konflik adalah perkara yang tidak dapat
dihindarkan di dalam kehidupan organisasi.
Organisasi itu punterdiri atas orang-orang yang melakukan
tugas-tugas berbeda untuk mencapai satu tujuan yang sama.
Faktor penyebab konflik yaitu meliputi perbedaan individu, seperti
perbedaan
pendirian dan perasaan, dan juga perbedaan latar belakang
kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda dengan satu sama lainnya.
Konflik dapat dicegah dengan cara disiplin, dengan
disiplin, maka konflik tersebut dapat di minimalisirkan. Lalu dengan
cara mempertimbangkan pengalaman dalam tahapan kehidupan,
serta berkomunikasi, karena komunikasi sangatlah penting
dalam organisasi agar tidak terjadi kesalah pahaman.
Dan juga kita dapatmencegah dengan cara mendengarkan secara aktif, biasakan untuk
menjadi pendengar yang dapat menghargai pendapat orang lain.
Apabila konflik telah terjadi dalam suatu organisasi maka
lakukanlah pemusyawarahan atau menggunakan jalan tengah dengan cara pemisahan
dari pihak-pihak berkonflik sampai menemukan jalan tengah. Kehadiran konflik
memang tidak dapat dihindari, tetapi bisa diminimalisirkan, namun jika
konflik sudah benar-benar memanas dan sulit diselesaikan, ada baiknya
kita meminta bantuan pada pihak hukum untuk menyelesaikannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar