Sabtu, 30 November 2013

Konflik dalam Organisasi



Konflik adalah perkara yang tidak dapat dihindarkan di dalam kehidupan organisasi.  Organisasi itu punterdiri atas orang-orang yang melakukan tugas-tugas berbeda untuk mencapai satu tujuan yang sama.
Faktor penyebab konflik yaitu meliputi perbedaan individu, seperti perbedaan pendirian dan perasaan, dan juga perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi yang berbeda dengan satu sama lainnya.

Konflik dapat dicegah dengan cara disiplin, dengan disiplin, maka konflik tersebut dapat di minimalisirkan. Lalu dengan cara mempertimbangkan pengalaman dalam tahapan kehidupan, serta berkomunikasi, karena komunikasi sangatlah penting dalam organisasi agar tidak terjadi kesalah pahaman. Dan juga kita dapatmencegah dengan cara mendengarkan secara aktif, biasakan untuk menjadi pendengar yang dapat menghargai pendapat orang lain.

Apabila konflik telah terjadi dalam suatu organisasi maka lakukanlah pemusyawarahan atau menggunakan jalan tengah dengan cara pemisahan dari pihak-pihak berkonflik sampai menemukan jalan tengah. Kehadiran konflik memang tidak dapat dihindari, tetapi bisa diminimalisirkan, namun jika konflik sudah benar-benar memanas dan sulit diselesaikan, ada baiknya kita meminta bantuan pada pihak hukum untuk menyelesaikannya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar