Sabtu, 30 November 2013

Proses Pengambilan Keputusan dalam Organisasi


Pengambilan keputusan yaitu suatu hasil dari pemecahan masalah yang sedang terjadi. Suatu masalah bila tanpa adanya pengambilan keputusan maka tidak akan selesai. Begitupun apabila suatu masalah dalam organisasi, bila salah dalam pengambilan keputusan dapat berdampak buruk pada organisasi itu sendiri.

 Proses pengambilan keputusan dapat di uraikan seperti di bawah ini:
1. Identifikasi pemecahan masalah, yaitu proses pemecahan masalah yang menghalangi atau menghambat tercapainya tujuan.
2. Mencari alternatif pemecahan, yaitu dilakukannya pencarian terhadap alternatif-alternatif yang mungkin dapat memecahan masalah yang dihadapi.
3. Memilih alternative, yaitu memilih alternatif pengambilan keputusan yang dapat memberikan manfaat, dalam arti dapat memecahkan masalah.
4.  Pelaksanaan alternatif , yaitu melakukan tindakan yang telah di putuskan.
5.  Evaluasi, yaitu apabila alternatif telah dilaksanakan maka harus tetap diamati.

Terdapat dua tujuan dalam pengambilan keputusan, yaitu:
1. Tujuan bersifat tunggal, terjadi apabila keputusan yang dihasilkan hanya menyangkut satu masalah.
2. Tujuan bersifat ganda, terjadi apabila keputusan yang dihasilkan menyangkut lebih dari satu masalah.


Dengan cara melakukan proses tadi, pengambilan keputusan dalam organisasi berjalan dengan baik dan akan mengeluarkan hasil yang baik juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar